Sunday, August 26, 2012

Kekalahan Samsung atas Apple Bisa Bikin Smartphone dan Tablet Jadi Mahal

Kubu Samsung dan Apple langsung bereaksi setelah dewan juri dalam persidangan di San Jose, California, AS, memutuskan Samsung bersalah melanggar sejumlah paten dan harus membayar ganti rugi kerusakan sebesar USD 1.051 miliar atau sekitar Rp 9,5 triliun.

Samsung menilai, bukan hanya pihaknya yang dirugikan dalam kasus ini, namun juga konsumen. Keputusan juri bisa memicu naiknya harga smartphone dan tablet PC karena variasi produk yang semakin terbatas. Di lain pihak, kubu Apple menyambut gembira keputusan para dewan juri. Menurut Apple, hasil persidangan ini menunjukkan bahwa pencurian hak kekayaan intelektual tidak bisa dibenarkan.


Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (25/8/2012), sembilan juri dalam persidangan di pengadilan federal AS ini telah mengatakan sejumlah produk yang diproduksi Samsung telah melanggar paten dari desain dan software yang sebelumnya dimiliki oleh Apple.

Meski demikian, keputusan juri ini belum disahkan oleh hakim Lucy Koh yang memimpin persidangan. Para juri masih diminta untuk memperbaiki beberapa hal sebelum kembali menyampaikan keputusan mereka.

Kemenangan bagi Apple bisa berdampak buruk bagi Samsung maupun Android yang diusungnya. Sebab, Apple akan mendesak hakim Koh unuk mengeluarkan larangan penjualan beberapa produk Samsung di AS.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget