Thursday, March 4, 2010

Nokia luncurkan "Smartphone" Murah


Nokia membuat produk baru. Produsen handphone terbesar sejagat ini bakal mengenalkan ponsel pintar murah untuk bersaing dengan produk serupa milik Samsung Electronics Co dan LG Electronics Inc.

Ponsel baru tersebut bernama C5. Ponsel ini seri pertama dari "keluarga" baru ponsel Nokia, C-Series. "Fokus handphone ini menjalin interaksi sosial antara keluarga dan pertemanan," kata Juru Bicara Nokia Doug Dawson.

Desain Nokia C5 memang menunjang akses ke jejaring sosial. Nokia ingin ponsel yang masih memasang keypad tradisional ini menjadi pilihan kaum muda yang gemar mengirim pesan pendek dan mengakses situs jejaring sosial.

Makanya, Nokia memasang harga jual Nokia C5 yang tergolong murah. Tiap unit C5 berbanderol 135 euro, setara 183 dollar AS atau Rp 1,7 juta, sebelum pajak dan subsidi. C5 akan membanjiri pasaran Eropa, Asia, dan Afrika pada kuartal kedua 2010.

C5 berukuran cukup kecil. Panjangnya 112 milimeter (mm), lebar 46 mm, dan ketebalan 12 mm. Baterai C5 tahan untuk berbicara hingga 12 jam dan standby selama 26 hari. Berat ponsel ini 89,3 gram.

Nokia C5 memasang sistem operasi Symbian generasi terbaru, S60 edisi ketiga. C5 sudah dipasangi fitur jejaring sosial secara built in. Jadi, konsumen bisa langsung melihat status temannya di Facebook. Fitur chatting, e-mail, dan browsing juga ada di ponsel ini. Nokia C5 menyediakan koneksi data berkecepatan tinggi HSDPA/HSUPA untuk meng-upload foto dan video.

Ponsel ini memiliki layar 2,2 inci dan kamera 3,2 megapixel. Setiap ponsel C5 sudah terpasang kartu memori 2 gigabyte dan bisa diperbesar hingga 16 gigabyte. C5 juga memiliki FM stereo.

Asyiknya, Nokia C5 juga berisi versi terbaru Ovi Maps. Peranti ini bisa membuat konsumen berbagi lokasi keberadaannya melalui situs jejaring sosial.

Nokia memang berusaha melawan gempuran dua produsen ponsel dari Korea. C5 bakal menjadi pesaing kuat Samsung Corby, Samsung Star, dan LG Cookie.

Tekanan buat Nokia di bisnis ponsel memang sangat keras. Tahun lalu, penjualan bersih mereka turun dari 50,7 miliar euro menjadi 40,9 miliar euro. Sudah pasti, angka ini menggerus laba perusahaan yang memiliki 123.553 pekerja ini. Laba Nokia turun dari 4,9 miliar euro menjadi 1,1 miliar euro pada tahun 2009.sumber kompas

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget