Monday, May 14, 2012

5 Smartphone yang Memanjakan Penggiat Foto

Kemampuan fitur kamera di ponsel terus ditingkatkan. Kontrol manual, kecepatan, lensa hingga resolusi yang makin baik tentunya makin memanjakan penggiat foto dalam melakukan aksinya. Jangan lupakan juga keberadaan lusinan aplikasi yang mengakomodir hasrat pengguna untuk mempercantik foto dan memamerkan secara langsung hasil bidikannya di situs-situs favorit. Berikut beberapa informasi merk handphone terlaris yang memiliki kelebihan fitur kamera:

iPhone 4S
Apple melakukan peningkatan fitur kamera dalam tiap seri terbarunya. Dan di iPhone 4S, pengguna bisa mendapatkan kenyamanan mengabadikan momen dengan kamera beresolusi 8 MP.

Lensanya memiliki bukaan f/2.4 dan piranti ini sudah dilengkapi dengan teknologi face detection di samping fitur-fitur lainnya. Tentu saja, dengan banyaknya aplikasi foto yang ada, pengguna dimungkinkan untuk langsung berbagi hasil bidikannya ke situs-situs favorit. 

 Nokia Lumia 900
Salah satu kemudahan yang bisa dinikmati pemilik Nokia Lumia 900 adalah ia bisa mengambil foto dalam kondisi ponsel yang sedang dikunci.

Kamera yang disematkan dalam piranti ber-OS Windows Phone ini memiliki aperture cukup lebar yakni f/2.2 dan seperti biasa 'ditemani' oleh optik Carl Zeiss. Beberapa scene pemotretan yang ada di piranti ini yakni beach, candlelight, macro, landscape hingga sunset. Tak luput, layaknya kamera canggih, fitur kameranya sudah dibekali dengan kontrol manual untuk white balance, exposure value, ISO, metering mode, dan lain-lain. 

 HTC One X
"Kamera tercepat di dunia dan yang terbaik dalam kondisi low light," demikian klaim Presiden HTC South Asia, Lennard Hoornik kala itu saat mendemonstrasikan kehebatan kamera ponsel berbasis Android tersebut.

Dengan teknologi Image Sense, kamera 8 MP ini mampu menangkap gambar 4fps dengan total 99 shot. Pengambilan gambar di dalam suasana kurang cahaya pun juga tak jadi soal berkat lensa f/2.0nya. Kecepatan kamera ini turut dibuktikan dengan waktu start up yang hanya memakan waktu 0,7 detik saja. 

 Sony Xperia S
Ia mampu merekam video 1080p dan sudah bisa dipakai menghasilkan foto panorama. Kameranya memakai sensor Exmor berkekuatan 12 MP, aperture f/2.4 dan 16x digital zoom. Hasil fotonya sangat cemerlang. Memang tak ada LED flash yang melengkapi, namun hal ini bukan masalah besar mengingat hasilnya yang sudah bagus, termasuk dalam kondisi gelap. 

Nokia 808 PureView
Salah satu bintang yang menyedot perhatian di gelaran teknologi Mobile World Congress. Nokia 808 PureView hadir dengan kamera beresolusi 41 MP dan teknologi oversampling.

Seperti Lumia 900, ia juga memakai optik Carl Zeiss. Resolusinya beragam sesuai aspek rasio yang dipakai yakni 16:9 (2 MP, 5 MP [Default], 8 MP, 34 MP) 4:3 (3 MP, 5 MP, 8 MP, 38 MP). Nokia mengatakan, pihaknya berencana mengembangkan teknologi kamera PureView di smartphone-smartphone lainnya di masa depan.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget