Wednesday, December 16, 2009

Ponsel Google Nexus One Dijual Langsung Tahun Depan


Google Nexus One dikabarkan akan dirilis tahun depan, bahkan Google disebut-sebut akan menjualnya langsung ke konsumen. Seperti dilansir Wall Street Journal, Google berencana menjual Nexus One secara online. Penggunanya bebas menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator manapun karena ponsel tersebut tidak dikunci untuk operator tertentu (unlocked).

Jika kabar tersebut benar, Google bakal mengubah permainan bisnis smartphone. Dengan strategi ini, penyebaran ponsel berbasis Android akan semakin cepat dan bebas mengembangkan fitur-fiturnya seperti yang diinginkan tanpa didikte penyedia jaringan. Apalagi di tengah kritik para pengembang aplikasi yang kurang puas dengan hasil penjualannya di Android Market.

Namun, di lain pihak, jika hal tersebut dilakukan, Google harus bersaing langsung dengan para vendor ponsel yang telah menggunakan platform Android buatannya, seperti HTC, Motorola, Sony Ericsson, dan lainnya. Google juga harus siap ditinggalkan vendor hardware dan operator jaringan yang tidak mau bersaing langsung dengan Google.

Nexus One diproduksi oleh HTC dan bekerja dengan sistem operasi Android 2.1, versi terbaru Android yang belum dirilis ke publik. Namun, modifikasi software, aplikasi, dan tampilannya dirancang sendiri oleh Google. Kabarnya, perangkat ini menggunakan prosesor berkecepatan tinggi Snapdragon dari Qualcomm dan layar OLED (organic light emitting diode) yang menampilkan rasio kontras sangat tajam.

Google membagikan ponsel ini kepada para karyawannya di seluruh dunia mulai pekan lalu untuk menguji coba fitur dan kemampuan baru yang dibenamkan di dalamnya selama liburan Natal dan Tahun Baru 2009 ini.

Google Phone atau NexusOne dirumor kan akan diluncurkan pada tanggal 5 Januari 2010 nanti dengan harga sekitar $199.99 dengan kontrak 2 tahun. Kabarnya harga ini sudah disubsidi oleh Google. Google sendiri juga kabarnya membuka website khusus penjualannya dengan harga yang masih dirahasiakan.

Google NexusOne kabarnya merupakan pesaing Droid. Tapi menurut perbincangan diluar, NexusOne masig memiliki spesifikasi di bawah Motorola Droid atau pun HTC HD2. Tentunya Google punya kekuatan tersendiri di Ponsel NexusOne ini, kabarnya VOIP dari Google dengan nama Google Voice, sudah dibenamkan ke dalam ponsel NexusOne ini. Ini berarti Skype sebagai layanan VOIP terbesar di dunia akan siap-siap bertempur dengan Google Voice.

Beberapa spesifikasi komponen hardware yang digunakan pada NexusOne:

* Proximity Sensor/Light Sensor: Capella CM3602 per sensors.mahimahi.so in Nexus One ROM Dump.
* Accelerometer: BMA150 3-axis Accelerometer per sensors.mahimahi.so in Nexus One ROM Dump.
* Magnetic Compass: AK8973 3-axis Magnetic field sensor/AK8973 Orientation sensor per sensors.mahimahi.so in Nexus One ROM Dump.
* Wifi Radio / Bluetooth / FM: BCM4329 in lib/modules
* In libaudio.so I found "Routing audio to Speakerphone with back mic" reference.
* In libaudio.so I found "Stereo FM speaker" also referenced.
* Audience A1026 Noise Canceling Chip – No link but here is the A1024 found in libaudio.so

Kalau disimpulkan spesifikasi untuk NexusOne adalah sbb:

* Light Sensor (belum diketahui kegunaannya)
* Compass (Untuk Google Maps dan Fitur-fitur "Augmented Reality")
* Wifi
* Bluetooth
* FM Radio
* Speakerphone
* Fitur untuk Noise Cancelation.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget