Wednesday, September 26, 2012

7 Masalah di iPhone 5 yang Paling Banyak Dikeluhkan

Apple mengklaim telah berhasil menjual 5 juta iPhone 5 dalam waktu tiga hari, menciptakan rekor tercepat dari penjualan iPhone sebelumnya. Sayangnya prestasi ini ternoda dengan sejumlah keluhan yang berasal dari para penggunanya.

Memang banyak yang memuji iPhone 5 yang jauh lebih panjang, lebih tipis dan sokongan konektifitas jaringan 4G. Tapi tidak sedikit yang juga menumpahkan kekecewaan setelah menjajal langsung handset tersebut.

Keluhan yang meluncur pun beragam, mulai dari masalah peta yang aneh hingga fitur WiFi yang kerap kumat. Masalah ini bukan dialami satu dua orang, tetapi ada beberapa orang yang menjadi korban.


Berikut sejumlah kekecewaan di iPhone 5 yang paling sering dikeluhkan menurut catatan Huffington Post yang dirangkum dari berbagai sumber:

Nano SIM Card Selalu Error
iPhone 5 adalah ponsel cerdas pertama yang mengusung kartu SIM baru yang lebih kecil dan tipis, bernama nano SIM Card. Sayangnya, banyak laporan ke forum Apple yang mengalami error saat memasukan kartu SIM ini.

Kebanyakan pengguna yang mengeluhkan saat ingin memasang nano SIM Card mendapatkan pesan 'no SIM card installed'.

Beberapa menyarankan agar pengguna melakukan restart ponselnya. Bila tidak berhasil, silakan mengadu ke Apple Store, karena biasanya akan digantikan dengan kartu SIM baru.

Apple Maps Ngaco
Sejak Apple memberikan update iOS 6, sorotan paling tajam menyasar ketidakakuratan Apple Maps. Tidak hanya pengguna, hampir semua media atau blog teknologi  'menggoreng' isu panas ini.

Masalah yang juga dihadapi oleh pengguna iPhone 5. Petunjuk jalan yang ngawur atau gambar mendadak 'penyok', adalah dua masalah yang sering dikeluhkan. Apple pun bereaksi dengan menjanjikan upaya perbaikan secepatnya.

iPhone Baru Bunyi 'Kletek-kletek'
Ini keluhan ketiga terbanyak yang dilontarkan di forum Apple.com. Pengguna yang baru membeli iPhone 5 mendengar suara 'kletek-kletek'  seperti ada sesuatu yang copot di dalam perangkat tersebut saat menggoyang-goyangkannya.

Beberapa pengguna mendengarnya di bagian atas pas di kamera, sementara yang lain mendengarkannya seperti baterai yang tidak pas dipasang.

Konektivitas WiFi
Sulit tersambung ke jaringan WiFi sudah dialami oleh pengguna iPhone yang baru saja melakukan update ke iOS 6. Namun masalah baru muncul bagi pemilik iPhone 5. Mereka mengakui leletnya pirant tersebut saat ingin menyambungkan ke jaringan WiFi tertentu.

Masalah WiFi juga nyaris serupa yang pernah detikINET alami saat update iPhone 4S ke iOS 6, karena jaringan WiFi mendadak offline -- lalu berpindah ke jaringan celullar -- saat iPhone di-lock.

Goresan di iPhone 5
Ini yang paling gres ketika beberapa pembeli iPhone 5 kaget saat membuka kardus, mendapatkan goresan-goresan di bodi ponsel cerdasnya. Padahal masih baru dibeli dan tidak mengalami jatuh saat membawanya.

Memang tidak semua orang mengalaminya, tetapi tidak sedikit yang mengeluhkannya di forum dan internet tentu saja membuat preseden buruk bagi ponsel berkelas ini, yang disebut Apple sebagai 'permata'.

Baterai cepat habis
Entah karena masalah di iOS 6 atau iPhone 5, banyak pengguna mengeluhkan baterai yang cepat habis dengan penggunaan yang wajar. Bahkan saat mengisi penuh, baterai 40% langsung habis dalam waktu kurang dari satu jam.

iPhone 4S yang baru saja diupdate iOS 6 mendadak menjadi boros saat disematkan software baru. Padahal tidak banyak aktivitas yang dilakukan.
Kebocoran Cahaya
Masalah ini kebanyakan dihadapi oleh pemilik iPhone 5 versi putih yang merasa terdapat 'kebocoran' pencahayaan di layar ponselnya. Maksudnya, terdapat cahaya yang berlebihan saat membuka iPhone ini.

'Kebocoran' cahaya jelas terlihat ketika mereka mengaktifkan di ruangan gelap. Keluhan ini sendiri banyak didapatkan di Macrumors. Kasus ini juga pernah mendera iPad 2 pada tahun 2011 lalu.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget