Monday, December 21, 2009

Nokia E71 Review


Nokia E71 terhubung dengan konektivitas 3G, HSPDA, dan WLAN berkecepatan tinggi – link vital untuk membantu Anda tetap terhubung ke olah pesan dan melakukan mobile browsing. Perangkat berpenampilan profesional dengan materi terbaik, dengan lampu indikator dan tombol sekali sentuh untuk home, kalender, kontak, dan email.

Nokia menghadirkan fitur terlengkap di seri E71. Dukungan fitur dasar generasi baru membuatnya menjadi yang terdepan di kelas ponsel pebisnis Nokia. Umumnya ponsel bisnis dengan desain QWERTY tampil kaku, jauh dari kesan modis. Maklum yang lebih diutamakan adalah fitur dan kegunaannya. Tapi ini berbeda ketika kita melihat Nokia E71. Dari namanya, ponsel ini masuk segmen pebisnis tapi didesain cukup modis. Nokia menyebut E71 sebagai "world thinnest QWERTY phone" dengan ketebalan ponsel hanya 10 mm namun jangan lupa masih ada yang lebih tipis lagi yaitu Nokia E52.

Tidak seperti kehadiran di E series sebelumnya, banyak fitur dasar baru di E71 yang tidak ditemui di keluarga seri E. Misalnya, peningkatan versi Quickoffice terbaru. Selain itu, fitur multimedia yang selama ini hanya diadopsi di N series, kini bisa kita dapatkan di E71. Tak terkecuali fitur A-GPS dan kemampuan koneksi HSDPA (high speed downlik packet access). Berikut fitur lain E71 yang diuji oleh SELULAR :

KEYPAD
Nokia E71 adalah generasi penerus Nokia E61i, yakni mengadopsi konsep QWERTY keypad. Secara umum fungsi keypad serupa dengan E61i, hanya bentangan board keypad tentu lebih kecil. Tapi desain empat buah one touch key terlihat mengacu pada yang digunakan di Nokia E51. Kelebihan one touch key adalah satu tombol bisa di set untuk dua fungsi menu berbeda, 'short press' dan 'long press'.

LAYAR
Jenis layar mengusung konsep landscape, berukuran 2,36 inchi dengan resolusi 320x240 pixels. Tampilan layar pada home screen lebih dinamis dan kaya ikon fitur. Contohnya pada home screen bagian bawah kini bisa ditempatkan ikon info notifikasi SMS/MMS, email dan lain sebagainya.

A-GPS
Menu A GPS di E71 tak berbeda dengan yang pernah diperkenalkan di ponsel Symbian seri60 lainnya. Info GPS dapat diperoleh lewat menu GPS data (melihat arah kompas digital), dan tentunya menu Nokia Maps yang dibekali 3D maps, navigasi suara dan lain-lain.

KAMERA
E71 menjadi ponsel QWERTY Nokia yang berbekal resolusi 3,2 Mp. Fitur di kamera mengacu pada pilihan fitur yang ada di N82, termasuk opsi close up, red eye, white balance dan kemampuan flash light. Hanya fitur red eye yang nampaknya belum disertakan.
Kualitas rekam video masih mengandalkan pilihan resolusi maksimum QVGA dengan speed 15 frame per second. Kamera E71 juga belum menyertakan aplikasi panorama dan jujur saja hasil jepretannya nya kurang memuaskan.

INTERNET
Akses internet E71 mulai dari 3G, HSDPA yang bisa dikebut 3,6 Mbps dan EGPRS kelas 32 yang secara teori punya maksimum download 296 Kbps dan upload 177,6 Kbps. Belum lagi, tambahan internet WLAN yang fungsional. Ada tambahan fitur baru yakni Intranet, berguna untuk akses jaringan dalam VPN (virtual private network).

KONEKTIVITAS
Nokia E71 mulai dari bluetooth versi 2.0 dan infrared dengan speed data sampai 115 Kbps. Untuk yang kabel, E71 punya bekal fast speed USB. Fitur koneksi lainnya yang terbilang baru yakni barcode, lensa kamera bisa membaca kode barcode suatu produk dan bisa disimpan datanya.

MUSIK
Sentuhan musik memang tak terlalu jadi perhatian di E series, tapi lain halnya di E71. Pemutar musik dilengkapi fitur khas standar di N series, seperti equaliser, shuffle, genres, playlist, bass booster dan composer. Tak seperti pendahulunya E61i, maka E71 sudah dibekali kemampuan bluetooth strereo A2DP. Format musik yang diputar yakni MP3, WMA dan AAC. Di menu ini juga tersedia jalur akses langsung via internet ke Nokia music store.

VOICE AID
Aplikasi ini berguna bagi pengguna ponsel tuna netra. Lewat voice aid, pengguna akan dibantu untuk selancar menu, bahkan hingga ke sub menu. Termasuk panduan lewat suara untuk mendengar nama-nama di phonebook, dan arahan untuk melakukan panggilan.
Pengujian : Mengaktifkan voice aid untuk selancar ke beberapa menu. Fungsi voice aid kian optimal dengan penggunaan message reader.

RADIO FM
FM radio di Nokia E71 menggunakan konsep visual radio. Fitur yang tersedia mencakup manual tuning, save station hingga 50 channel. Tentunya fasilitas radio berkemampuan multi tasking.

Dari sedikit cerita di atas Nokia E71 masih belum memiliki kesempurnaan yang nyaman untuk di genggam, jika boleh saya bandingkan dengan Nokia E52 masih lebih bagus dengan Nokia E52 karena sudah memiliki fasilitas yang lebih komplit diantaranya kecepatan HSDPA nya 10.2Mbps dan HSUPA 2Mbps. Dan sekarang telah telah keluar lagi Nokia penyempurnaan dari E71 yaitu Nokia E72.

1 comment: