Sunday, July 15, 2012

Trackpad Blackberry 9300 Macet

Bagaimana cara memperbaiki trackpad blackberry 9300 macet atau yang tidak bisa di gerakkan bahkan tidak fungsi jika ditekan alias macet total. Saya mengalami hal seperti itu sudah beberapakali dan mencoba beberapa cara dengan restart BB, kmudian cabut batre, dan lagi saya matikan lalu cabut MMC malah bisa dan normal kembali namun tidak bertahan lama macet lagi, tidak bisa di slide tapi bisa di tekan bahkan udah tidak bisa di apa-apain. sampe saya pake cara ganti simcard lalu uninstall dan hapus beberapa program. Bisa normal tapi tidak bertahan lama gitu lagi.

Setelah saya baca-baca di internet ternyata ada yang bilang klo itu masalah OS nya ada yang bilang trackpadnya yang rusak harus diganti dan macam-macam lah mpe bingung sendiri. Sampe sekarang saya menggunakan trik yang agak nyleneh yang saya dapat dari bejoari yang mana dia juga dapat trik itu dari orang lain yaitu dengan cara menekan trackpad dengan ibu jari dan bagian belakang batre dengan telunjuk (pelan aja) secara bersamaan. Posisi jempol dan telunjuk itu lurus atau telunjuk lurus dengan trackpad. dan kalau udah beberapakali dicoba tenyata ga jalan brarti kabel trackpad nya ada yang putus.
Ada juga yang memakai panduan dari spy berry dengan cara liat trick jumper tegangan trackpad, klo yang ini belum saya praktekkan karena tidak punya spy berry. Semoga berguna....

2 comments:

  1. sudah tak coba tapi ga ada pengaruhnya gan tetep macet

    ReplyDelete
  2. ada yg lucu Gan

    Ane nemu trick terbaru tangan agan Lapisin Kain Baju trus Gerakin Work Bgt gaan

    ReplyDelete

There was an error in this gadget