Tuesday, November 17, 2009

Kelebihan Nokia N97


Ini adalah ponsel Nokia yang paling indah dan canggih yang pernah dihasilkan, atau paling tidak salah satunya. Bodinya cukup ramping dan terlihat glamor. Termasuk kapasitas memori internal 32GB dan tambahan kartu memori eksternal SDHC hingga 16GB, sehingga membuat total memori yang dapat dibawa oleh N97 ini menjadi 48GB.

Selain itu, N97 juga dilengkapi dengan fitur konektifitas HSDPA, Wi-Fi, kamera 5 megapixels, Ovi (fitur multimedia seperti N-gage gaming platform, Nokia Maps, dan Nokia Music Store), dan So-Lo untuk merujuk pada kemampuan N97 yang bisa membuat pengguna N97 untuk memperbaharui statusnya di jejaring internet, seperti, Facebook, secara real-time.

Makanya, N97 dikenal dengan konsep “Social location” yang memanfaatkan sensor A-GPS dan kompas elektronik. Konsep ini diklaim amat berguna untuk mengupdate informasi status di jejaring sosial dengan mudah. “Untuk pilihan warna, hanya ada dua pilihan warrna, yakni, hitam dan putih,” sebutnya.

Nokia N97 baru masuk Indonesia atau sekitar April lalu. Harga dasar berkisar sekitar Rp 9 juta. Nokia N97, N Series pertama dengan touchscreen 3,5 inci. Pada dasarnya, N97 bertujuan untuk untuk mengembalikan supremasi N series sebagai raja ponsel multimedia, sebab N97 memiliki spesifikasi yang dijamin akan membuat takjub.

Satu hal yang membuat N97 amat layak dipakai sebagai pusat hiburan adalah layar sentuh 3,5 inci berformat lebar 16:9. Buat yang suka ketik-ketik, terdapat keyboard QWERTY geser (mirip ponsel berbasis Windows Mobile). Tentunya virtual touch input juga masih bisa digunakan.

Untuk tombolnya, hanya menggunakan tiga baris yang memang menghemat tempat, tapi sepertinya tak ada tombol angka tersendiri. Ini bisa merepotkan atau tidak jadi masalah sama sekali. “Layarnya sendiri dapat diatur sudut kemiringannya,” tukas Putri.

Untuk baterai N97 diklaim dapat memutar musik tanpa henti selama 1,5 hari. Kamera masih 5 megapixel dengan lensa Carl Zeiss. Sedangkan, video dapat direkam dengan aspect ratio 16:9 dengan kualitas setara DVD.

Ditambah, dengan fitur baru yang ada di N97 adalah widget sehingga beberapa aplikasi pilihan dapat ditampilkan di layar. Nokia N97 juga menjadi ponsel pertama Nokia yang langsung terintegrasi dengan OVI Store, bursa aplikasi online yang dibangun Nokia. Sejumlah aplikasi yang sudah tersedia antara lain Facebook, Twitter, Reuters, Bloomberg, AP, hingga Kompas.com untuk konten local.

Spesifikasi Nokia N97

Di bawah ini ada beberapa keunggulan yang diandalkan oleh vendor Nokia dengan tipe N97 ini. Silahkan simak. N97 memiliki jaringan (2G): GSM 900 / GSM 1800 / GSM 1900 / GSM 850. Kemudian, untuk jaringan (3G): HSDPA 1900 / HSDPA 2100 / HSDPA 900.

Mengenai bentuk bodi, handphone ini juga bisa dibilang sangat stylish. Bentuknya slider, dengan tipe antena internal. Handphone ini memiliki berat 150 g (dengan baterai), dengan dimensi 117.0 x 55.0 x 15.2 mm.

Soal teknologi sudah tidak diragukan lagi. Dengan layar sentuh TFT, 16M colors, lebar 360 x 640 pixels, memubat handphone ini dilirik banyak orang. Bukan hanya itu, seri ini juga memiliki proximity sensor untuk auto turn-off, accelerometer sensor untuk auto-rotate.

Juga ada full QWERTY keyboard, Handwriting recognition. Kapasitas memorinya juga sangat besar. Shared memory 32 GB microSD (TransFlash), tersedia hingga 16GB.

Fasilitas multimedia juga sudah bisa dikatakan sangat lengkap. Anda silahkan menikmati semuanya hanya dari satu ponsel ini saja. Apalagi, dengan waktu standby GSM sampai 430 jam, dan waktu bicara GSM sampai 6 jam 40 menit.

Nah, anda bisa melihat keunggulan-keunggulannya bukan. Bagi para user yang sangat menggilai gadget dengan teknologi tinggi ini, tentu N97 akan menjadi salah satu handphone yang sangat menggiurkan.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget