Tuesday, November 10, 2009

Nokia E72 dan kelebihannya


Nokia E72 merupakan perangkat berperforma tinggi yang sesuai untuk kelancaran bisnis dan komunikasi pribadi. Dan juga dilengkapi juga dukungan IM/chatting dari YM, ICQ, OviChat & AIM.

Kita semua tahu bahwa Nokia E71 adalah ponsel Qwerty yang meraih penjualan terbanyak di dunia. Tidak ada satupun merek lainnya yang bisa menyaingi penjualan E71 , termasuk Blackberry. Tidak lama lagi, Nokia akan mengeluarkan tipe teranyarnya yaitu E72. Kita sudah sering mendengar mengenai E72, tetapi belum ada informasi secara lengkap.

Design
Prinsip design dalam nokia E72 adalah, jangan merubah bentuk yang sudah disukai oleh masyarakat. Sekilas E72 mirip dengan E71. Ukurannya adalah 114 x 59.5 x 10.1 dengan berat 128 gram. (Sebagai perbandingan, E71 memiliki ukuran 114 x 57 x 10 mm dengan berat 127 gram) . Kita bisa melihat E72 sedikit lebih besar daripada generasi sebelumnya, dan hanya 1 gram lebih berat.

Sekeliling E72 dilapisi metal sehingga agak mirip dengan Blackberry Bold. Cover belakang juga terbuat dari stainless steel. Secara bahan, hampir tidak ada perbedaan dengan Nokia E71, walaupun ada, sedikit sekali. Perubahan pertama yang menarik perhatian adalah dengan adanya konektor 3.5mm untuk headset (E71 memiliki konektor 2mm). Hal ini berarti, anda bisa menggunakan earphone atau headset terbaik yang bisa anda beli di pasaran, dan dapat digunakan di Nokia E72. Sebagai tambahan dari konektor 3.5mm, juga ditanamkan chip suara terbaru, sehingga suara yang dihasilkannya sedikit lebih baik daripada ponsel generasi sebelumnya.

Tombol on/off yang pada E71 terletak di sebelah kiri dan berwarna merah, kini di E72 diletakkan di tengah dengan warna silver, supaya lebih harmonis dengan warna dari ponsel tersebut. Nokia E72 akan dirilis dengan 3 warna yaitu, hitam (Zodium Black) , Abu-abu (Metal Grey) dan coklat (Topaz brown). Semoga saja Nokia juga merilis versi yang warna putih, karena banyak digemari saat ini.
Di bagian kiri , terdapat slot unutk memory card, sekaligus konektor untuk microUSB. Berbeda dengan E71 yang menggunakan bahan karet sebagai penutup, pada E72 digunakan bahan plastik sebagai penutup. Di sebelah kanan terdapat tombol untuk mengatur volume yang berwarna silver juga.

Di bagian belakang atas, kita bisa melihat sesuatu yang menarik yaitu, speaker dengan ukuran yang agak besar, yang terletak di samping kiri dari kamera. Speaker ini lebih besar ukurannya daripada yang versi sebelumnya, E71, sehingga bisa mengeluarkan suara yang sedikit lebih besar dengan kualitas sedikit lebih baik, walaupun secara keseluruhan, tidak terlalu jauh berbeda dengan E71.

Display
Tidak terdapat perubahan display antara E71 dan E72. Baik ukuran, maupun resolusi masih sama. E72 memiliki layar display sebesar 2.36 inch dengan resolusi QVGA (320x240 pixels) dan dapat memancarkan kedalaman 16 juta warna. Walaupun ukuran layar masih kecil, tetapi bisa menampilkan 8 baris text , bahkan dalam beberapa mode penggunaan, bisa menampilkan 14 baris text, dan tulisan tetap terlihat secara jelas. Gambar juga bisa terlihat dengan jelas, walaupun ponsel diletakkan di bawah sinar matahari. Layarnya sendiri sudah menggunakan kaca anti gores, tetapi sebaiknya kita tetap menggunakan anti gores tambahan yang bisa kita beli di pasaran.

Keyboard
Sebagai ponsel qwerty, tentu saja kita mesti membahas mengenai keyboardnya bukan ? Banyak yang mengira bahwa E72 akan memiliki keyboard qwerty yang sama seperti E71, tetapi kenyataannya ternyata tidak, malah lebih mirip dengan Nokia E63.

Tombol qwerty pada E72 dibuat sedikit lebih besar, untuk memudahkan pemakaian bagi yang berjari tangan agak gemuk. Selain itu terdapat beberapa perubahan, seperti ukuran spacebar lebih kecil, untuk memberikan tempat menaruh tombol karakter lainnya. Jika pada E71 untuk mengetik karakter seperti "(" atau ")" anda harus menekan tombol khusus karakter, kini di E72, sudah tersedia di panel utama, sehingga lebih memudahkan pengetikan.

Seperti juga halnya di E71, jika kita menggunakan ponsel di tempat yang agak gelap, maka keyboard qwerty akan menyala dengan sinar warna putih.

Diantara semuanya, yang paling membedakan antara E71 dan E72 adalah, keypad yang diganti dengan optical jostick. Sehingga anda tidak perlu menekan tombol keypad, atas bawah, hanya untuk menavigasi. Kini anda tinggal menggeserkan ibu jari anda di tengah tengah keypad tersebut. Mirip dengan Blackberry Gemini, atau mungkin lebih tepat, Blackberry Gemini yang mirip dengan Nokia E72.

Optical joystick ini mungkin merupakan fitur terbaru yang paling penting dari E72, yang bisa membuat pengguna E71 pindah hati ke E72. Para pengguna E71 tentu sudah pernah mengalami ibu jari anda agak pegal, karena menekan tombol keypad secara terlalu sering. Kini dengan E72, ibu jari anda bisa lebih rilek, karena tinggal geser saja di atas touchpad tersebut. Walaupun lebih mudah digunakan, tetapi tentu saja ada sedikit kelemahannya, yaitu kadang kadang terlalu mudah untuk terpencet.

No comments:

Post a Comment

Share it