Friday, November 27, 2009

Nokia E55 review


Nokia E55 hadir dengan pilihan half-QWERTY keyboards. Sama dengan QWERTY keyboards hanya saja dua karakter huruf digabung dalam satu tombol pad/keypad (QW, ER, TY). Pada half-QWERTY keyboards pada E55, keypad terasa cukup besar dan nyaman untuk ditekan dan bisa mengurangi kesalahan sewaktu pengetikan.

Nokia juga mengklaim bahwa E55 tersebut merupakan smartphone paling tipis di dunia. Nokia E55 berukuran 116 x 49 x 9.9 mm, menjadikan ponsel ini sebagai salah satu smartphone tertipis di pasaran, pocketable, dan nyaman dalam genggaman. E55 walaupun berbody slim namun terlihat cukup solid dengan berat hampir 100 gram, karena body luarnya menggunakan bahan metal sebagai bahan utama yang merupakan trend dari Nokia seri-E.

Handphone Nokia E55 ini tersedia dalam tiga warna, Black Alumunium, White Alumunium dan Merah. Aksen metal pada desain body dan balutan silver metal disisinya menjadikan penampilan E55 sangat menarik. Sensor cahaya dan video-call camera terletak pada bagian depan dan diatasnya terdapat tombol power dan standar audio jack (3.5 mm). Di sisi kanan terdapat dua tombol volume, tombol voice command dan tombol shutter untuk kamera (Dimana pada seri sebelumnya E52 tidak ada). Sedangkan port microUSB v2.0 terletak disisi sebelah kiri pada ponsel ini.

Pada bagian belakang Nokia E55 terdapat lensa kamera 3MP fixed-focus dilengkapi dengan LED flash (Kamera yang hanya 3MP menjadi hal yang sangat disayangkan pada ponsel ini). Back cover E55 berbahan metal yang tidak meninggalkan sidik jari apabila disentuh. Sedangkan microSD slot (microSD card 2GB (upgrade max 16GB) disamping memory internalnya sendiri sebesar 60 MB) terletak dibagian dalam bersama dengan batere 1500 mAh Li-Po BP-4L yang mempunyai durasi 672 jam untuk stand-by atau 8 jam waktu bicara.

Nokia E55 mengusung layar berukuran 2.4 inch dan resolusi hanya 320 x 240 (dimana para pesaingnya sudah menggunakan resolusi yang lebih besar), dengan 16M color dan QVGA. Tampilan pada layar tampak berkualitas dengan contrast dan brightness yang sangat baik, tidak terganggu dengan cahaya yang datang dari luar karena ponsel ini dilengkapi dengan sensor cahaya. Pada cahaya yang gelap Nokia E55 juga bisa ditangani dengan sempurna karena dilengkapi dengan backlighting yang memuaskan.

Untuk software, Nokia E55 beroperasi dengan OS Symbian 9.3, S60 UI 3rd Edition. Interface pada layar dapat diputar ke posisi landscape berkat dukungan accelerometer namun tidak ada icon - icon animasi seperti pada ponsel Nokia lainnya. Fitur-fitur untuk bisnis dan personal pada E55 juga sangat lengkap termasuk Nokia Messaging dan Office Document Editor. Dan juga terdapat fitur security Remote Lock. Yang mana jika HP anda hilang, anda cukup mengirimkan pesan untuk mengunci telepon anda yang hilang. Jika setelah 3 kali percobaan tidak bisa membuka kode kunci telepon maka otomatis data-data personal yang anda simpan di telepon akan terhapus. Jadi, walaupun HP anda tidak kembali namun data-data anda tidak jatuh ke tangan orang lain.

Nokia E55 menyediakan space yang hampir tak terbatas untuk kontak pada phonebook dan pesan. Call log mampu menyimpan 20 rekaman panggilan untuk panggilan diterima atau missed calls. Anda juga bisa mengetahui dengan siapa saja anda telah melakukan kontak (termasuk sms dan transfer data) dalam 30 hari terakhir dengan mengakses Aplikasi Log pada main menu, bahkan anda bisa mencari kontak tertentu yg telah anda lakukan atau yang anda terima.

Suara sewaktu menelepon dengan Nokia E55 akan terdengar sangat jernih dan juga dilengkapi dengan fitur untuk mengurangi noise pada background sewaktu anda menelepon. Disamping itu Nokia E55 juga mendukung VoIP calls.

Untuk urusan musik, E55 bisa menyimpan dan memainkan musik dalam berbagai format seperti, MP3, AAC, eAAC+ dan WMA dengan Player untuk musik dilengkapi dengan equalizer. FM radio pada Nokia E55 juga bisa didengarkan melalui loudspeaker tanpa harus menggunakan earphone dan anda bisa menyimpan hingga 50 frekuensi stasiun radio. Untuk urusan kualitas output audio, Nokia E55 merupakan salah satu yang terbaik.

Pada E55, anda juga biSa memainkan video dalam format MP4. Untuk video record, E55 bukanlah yang terbaik karena maksimal hanya resolusi Video VGA 15 fps. Sayangnya lagi untuk DivX dan XviD anda harus mencari sendiri aplikasi yang mensupport codecs tersebut agar bisa dimainkan di ponsel anda.

Untuk koneksi, E55 dilengkapi dengan Bluetooth v2.0 dengan A2DP, microUSB v2.0 dan Wi-Fi. Untuk koneksi internet, E55 support untuk 3G dengan HSDPA 10.2 Mbps dan HSUPA 2 Mbps. Di Nokia E55, pada umumnya tampilan halaman web akan terlihat seperti tampilan pada desktop komputer. Dan juga browser E55 juga support untuk situs-situs dengan flash video versi 9 seperti YouTube atau DailyMotion.

NokiA E55 juga banyak menawarkan aplikasi Organizer yang sangat berguna, lengkap dan simpel untuk digunakan. Mulai dari pengaturan jadwal pada kalender (Meeting, Meeting Request, Memo, Anniversary, To-Do List), Alarm Clock, Calculator, Clock bahkan Pengaturan Agenda, yang mana anda bisa mensetting tanggal, waktu, dan perihal yang akan dilakukan. Tampilan akan muncul pada layar secara simultan sesuai dengan tanggal/waktu yang telah disetting.

Dengan Nokia E55, anda bisa menangani dan mengedit file-file dokumen seperti Word, Excel, Powerpoint. PDF reader yang tersedia pada Nokia E55 juga memungkinkan anda untuk membaca file dalam format PDF. Dengan dukungan Wi-Fi anda bisa langsung mempresentasikan sesuatu langsung dari handphone anda. Yang lainnya, anda juga bisa mengekstrak langsung file-file ZIP di ponsel E55 dan juga tersedia fitur kamus dengan database cukup lengkap (Untuk bahasa selain Inggris, anda bisa mendowloadnya secara gratis daris situs resmi Nokia).

Untuk game, pada Nokia E55, default sudah terinstall 2 game. Yang pertama dinamakan Block Cascade Fusion yang merupakan variasi dari game Tetris. Yang kedua adalah Top Hit Solitaires yang didalamnya terdapat 15 jenis game solitaire, salah satunya yang paling terkenal adalah Freecell.

Dari beberapa spek Nokia E55 ternyata tidak jauh berbeda dengan Nokia E52, dari segi body hampir sama namun beda keypad nya bahkan isi di dalamnya juga hanya terdapat beberapa perbedaan saja. Untuk lengkap nya spesifikasi Nokia E52 bisa dilihat disini.

Dan untuk spesifikasi detail Nokia E55 klik disini



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget