Thursday, November 19, 2009

Kelemahan Nokia 5800


Pertama kita akan membahas ukuran. Dimensinya adalah 111 * 51.7 * 15.5 mm. Untuk anda yang mencari HP super kecil super tipis, Nokia 5800 tidak bisa masuk daftar. Namun dengan fungsionalitas yang Nokia 5800, ukuran tadi masih cukup masuk akal dan dirancang untuk dapat digunakan menggunakan 1 tangan saja (tidak seperti PDA).

Kedua adalah metode input. Meski Nokia 5800 bukan HP touchscreen pertama dari Nokia (ada beberapa seri lain yang pernah diluncurkan tapi tidak terlalu banyak terlihat di pasaran Indonesia), Nokia 5800 disiapkan untuk menggebrak pasar dengan keunikan-keunikan yang dimiliki. Walaupun banyak orang berseloroh kehadiran Nokia 5800 adalah menjiplak iphone dan mencoba secara langsung bersaing dengan iphone, ternyata ada poin-poin unik yang cukup kuat bersaing dan bahkan melebihi fungsionalitas iphone yang juga dianggap cukup revolusioner. Berkaitan dengan user interaction, serupa dengan iphone, Nokia 5800 menyiapkan akses kontrol utama dari sensor touchscreen dan disiapkan bisa dikendalikan dengan jari saja. Di panel utama Nokia 5800 tidak ada panel alpanumerik atau keybord qwerty. Space terbesar diokupasi oleh display sekaligus touchscreen berukuran 3,2 inchi. Hanya ada 3 buah tombol di bagian bawah display, tombol angkat telepon hijau, tombol tutup telepon merah dan tombol akses menu. Serta sebuah tombol sentuh akses media bar di bagian atas dekat speaker. Selain menggunakan jari, interaksi ke touchscreen juga dapat menggunakan stylus dan sebuah kontrol serupa pick gitar yang bernama plektrum.

Berikutnya adalah display. Seperti telah disebut di atas, salah satu poin unggul dari Nokia 5800 XM sebagai gadget multimedia adalah display yang sangat besar. Ukurannya 3,2 inchi dengan resolusi 640 * 360 widescreen, dan kedalaman warna hingga 16 juta warna. Cukup lapang untuk menonton video dan atau bermain game.

Selanjutnya adalah storage. Nokia 5800 XM memiliki storage internal sekitar 100 MB dan storage eksternal berupa micro SD card yang bisa ditambah hingga 16 GB (paket penjualan menyertakan micro SD 8 GB). Dengan ukuran sedemikian Nokia 5800 dapat kita jejali dengan file-file yang cukup banyak.

Kekuatan baterai adalah salah satu kekurangan yang mungkin dimiliki 5800. Hal ini tentunya dengan beragam fitur kaya yang dimilikinya. Dengan penggunaan intensif, baterai Nokia 5800 hanya bisa bertahan seharian.

Fitur multimedia tentunya tidak boleh terlewatkan. Nokia 5800 XM memiliki hampir semua fitur multimedia mulai dari music player, radio fm, video player (mendukung sebagian besar file video), flash lite, podcast dan sebagainya. Salah satu hal yang cukup saya tanggapi dengan positif di music player adalah waktu refresh library yang cepat, berbeda dengan handphone saya sebelumnya. Video player yang disertakan di handset ini adalah real player. Untuk anda yang senang mendownload video dari you tube, real player dapat langsung memainkan video berformat flv tanpa perlu konversi. Untuk kualitas suara speaker cukup baik, suara headset bawaan pun cukup layak. Bila ingin suara yang lebih nendang tentunya bisa membeli headset tersendiri dengan kualitas yang lebih baik.

Berikutnya adalah konektivitas. Nokia menyediakan koneksi hsdpa dan wireless LAN untuk konektivitas internet. Bluetooth pun tersedia untuk tranfer data. Dengan display yang cukup besar, pengalaman browsing internet terasa cukup menyenangkan. Di browser bawaan nokia pun telah tersedia rss reader dan flash lite. Jadi bisa streaming video. Aplikasi Internet Messenger pun sudah tersedia, meski hingga saat ini saya belum sempat mencoba menggunakannya. Bila tidak puas dengan browser bawaan nokia, alternatif lain yang sangat bagus adalah opera mini. Untuk messaging, Nokia 5800 memiliki sms, mms dan email client built in.

Selanjutnya adalah navigasi. Navigasi nampaknya akan menjadi fitur standar untuk handset masa depan. Ingat saja masa-masa pertama ada handphone berkamera. Mungkin kelak semua henpon akan dibekali GPS. Nokia 5800 XM dibekali A-GPS built in dengan software Nokia Map 2.0. Peta dapat digunakan secara gratis. Namun bila ingin memakai fitur navigasi, kita diharuskan membayar lisensi. GPS pun cukup cepat menangkap sinyal. Akurasinya juga cukup baik. Yang sangat disayangkan, andai saja lisensi navigasi bisa digratiskan. Sempat mencoba menginstal Garmin XT 5.0 juga. Harapannya bisa bernavigasi secara gratis tadi. Tapi nampaknya versi tersebut belum kompatibel dengan Nokia 5800 XM.

Terakhir adalah aplikasi dan platform. Nokia 5800 XM adalah handset pertama yang berjalan di atas platform S60 5th edition dan sistem operasi Sysmbian 9.4. Jadi pengalaman kurang menyenangkan yang harus dihadapi pengguna handset ini adalah aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia jumlahnya sangat minim. Tentunya ini akan berubah dengan semakin banyaknya handset lain yang diturunkan dan pengguna yang memakai. Untuk aplikasi symbian, aplikasi Nokia 5800 XM tidak kompatibel dengan aplikasi symbian terdahulu. Beberapa aplikasi mungkin berhasil diinstal, namun ada kekurangan ketika dijalankan. Untuk aplikasi Java Nokia 5800 XM dapat menjalankan semua aplikasi Java (backward compatible).

Dari uraian-uraian dangkal di atas berikut akan coba ditarik kesimpulan apakah Nokia 5800 XM cukup layak dibeli.

Kelebihan-kelebihan
+ Harga cukup murah untuk fitur yang cukup kaya
+ Gadget revolusioner, just touch the screen with your thumb
+ Layar ekstra lebar
+ Fitur multimedia yang cukup memuaskan
+ Fitur navigasi yang juga cukup bagus
+ Storage besar

Kekurangan-kekurangan
- Casing plastik, kesan murahan (tapi kalau dibuat stainlis, pasti bobotnya berat banget)
- Butuh adaptasi interaksi touchscreen dengan jari.
- Ga ada aplikasi office, pdf reader (ini penting banget buat gue), ga ada zip ekstraktor default
- Henpon terkadang agak lemot, mungkin seharusnya dikasih prosesor yang lebih ngebut sedikit
- Baterai agak kurang kuat

3 comments:

  1. Saya baru beli hp 5800 XM, ketika saya mau nonton video ber format avi ternyata real player yg ada di 5800 XM dtdk dpt memutarnya. saya mo nanya kira2 software apa yg dapat memutarkan video berformat avi..?
    kalo ada tolong kirim alamatnya ke email saya
    isramiardi@gmail.com
    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. kalau 5530 gmana?
    lemot gak?
    bisa bca pdf/office word?

    ReplyDelete
  3. Kalo menurut aku ya, aku kan dah pake 5800,,, aku cari tutorial di internet os nya bisa diutak-utek jadi kaya symbian anna,, punya aku dah tak flashing jadi symbian anna,,,, habis itu nggak lemot,, kalo aplikasi office tinggal tanya mbah google jadi,, terus batere juga lumayan,,, pokokke muantab dah,,,

    ReplyDelete

There was an error in this gadget