Friday, November 20, 2009

Nokia N900 di luncurkan di AS


Ponsel pintar terbaru Nokia telah menghampiri Amerika terlebih dahulu. Di negara tersebut, N900 dibandrol sekira USD649 tanpa menggandeng jaringan apapun. Biasanya ponsel apapun yang beredar di Amerika selalu digandeng dengan operator selular apapun, baik AT&T maupun Verizon.

Namun untuk N900, dilansir Pocket Lint. Nokia tidak mendapat sambutan hangat dari operator manapun. Nokia dikabarkan harus memasarkan N900 sendirian di Amerika karena mereka gagal merayu operator di sana. Sayangnya tidak diketahui alasan operator-operator tersebut menolak menggandeng Nokia.

N900 merupakan ponsel pertama Nokia yang mengusung sistem operasi terbaru berbasis Linux, Maemo. OS ini dikabarkan akan digunakan pada setiap ponsel pintar high-end Nokia, yang secara tidak langsung akan menggantikan kejayaan OS Symbian pada tahun 2012 nanti. Keren bukan...

Saat ini Symbian masih menduduki posisi pertama pasar OS untuk ponsel pintar dunia, dengan menguasai sekira 50 pangsa pasar ponsel pintar. Gartner sendiri pernah memprediksi bahwa Symbian akan menjadi raja OS pada tahun 2012, mengalahkan Android, Blackberry dan iPhone.

Namun kehadiran Maemo tidak serta merta akan menggantikan Symbian. Menurut Nokia, Maemo hanya akan digunakan pada handset nokia untuk segmen high-end sedangkan Symbian akan menjadi OS di ponsel Nokia di luar segmen tersebut.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget