Saturday, November 14, 2009

NOKIA N97 REVIEW


N97 cukup mengundang decak kagum.ponsel ini dilengkapi kapasitas media simpan data (internal storage) mencapai 32Gb plus RAM Clock sebesar 128Mb. Internet dan fitur (widget) lintas datanya pun seolah tak ingin ketinggalan untuk meraih predikat “juara”. Karenanya, meski ada yang menganggap N97 tidak terlalu orisinal karena “mirip-mirip” dengan produk pesaing yang sudah lebih dulu ada, Nokia tampaknya tetap pede kalau seri satu ini bisa mencapai tingkat penjualan tinggi.

DESAIN
Tampilannya memang elegan dan futuristik, namun ya itu tadi, rada mirip-mirip dengan ponsel pesaing dari segmen yang sama yang sudah duluan menerapkan desain seperti itu. Lepas dari itu, bila diperhatikan dengan cermat, Nokia rasanya agak “kecolongan” untuk masalah desain ini. Saat layarnya terangkat ke atas, maka Anda dapat mengintip juntaian kabel fleksibel layar melalui rongga kerangka layarnya. Meskipun terkesan mengada-ada, namun hal ini mengurangi kerapihan dan keanggunannya. Pengujian: Menggenggam dan menyimpan ponsel ke saku.

Catatan: Material penyusun bodinya merupakan bagian terbaik dari desain. Mekanisme pengungkit layarnya pun bekerja dengan maksimal.

LAYAR
TFT-LCD berukuran 3.5 inch menempati 80% permukaan ponsel ini. Mengadopsi teknologi layar sentuh resistive (akses sentuh dengan berbagai benda), layar ini memiliki sensitivitas yang patut diacungkan jempol. Tidak sulit untuk mengoperasikan layar sentuhnya, bahkan dengan sentuhan kecil pun layar akan bereaksi spontan. Kekayaan warna 16M pixel dengan rasio kerapatan 360 x 640 pixels membuat layar ini nyaman digunakan meskipun pada lingkungan dengan curah sinar matahari yang tinggi. Pengujian: Menampilkan gambar dan video Catatan: Accelorometer-nya agak tersendat (tenggat waktu) saat berpindah dari protrait ke landscape atau sebaliknya.

KAMERA
Masih menggunakan lensa-optik milik CarlZeiss, ponsel ini bermuatan 5MP dengan rasio kerapatan warna 2592x1944 pixels. Serius dengan masalah kamera ini, Nokia pun menyertakan dual-LED-flash dan video light untuk urusan pencahayaannya. Anda pun dapat mengatur atribut kamera mulai dari ISO hingga pencahayaan macro. Hanya saja, kamera ini agak lemah saat digunakan untuk menangkap gambar-gambar yang berlatar gelap.

BROWSER
Jendela penampil dunia maya milik Nokia ini cukup koperatif dalam bekerja. Pengaturan atribut browser dan koneksi nya sangat mudah. Dukungannya terhadap XHTML membuat Anda leluasa dalam membuka situs ditambah layar besarnya yang nyaman digunakan mengekplorasi halaman situs. Browser ini juga mengizinkan Anda untuk melakukan pengaturan display seperti zooming, page overview, view image dan page info. Selain pengaturan standard seperti bookmark (save dan remove), Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas RSS Feed (goto feed dan subsc.feed). Pengujian: Membuka berbagai situs Catatan: akses situs kompleks dapat dilakukan dengan baik

KONEKSI INTERNET
Memiliki banyak amunisi dalam jajaran koneksivitasnya akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis koneksi internet. Pengaturan koneksi internetnya pun sederhana dan mudah. Saat menggunakan WiFi sebagai media koneksi, ponsel ini langsung mendeteksi keberadaan kanal hotspot dan terhubung. Tinggal klik maka WiFi sudah bersalaman dengan sistem ponsel. HSDPA-nya pun demikian, tidak membutuhkan banyak pengaturan, wizard nya akan membantu Anda melakukan pengaturan yang diperlukan Pengujian: Membuka berbagai situs dengan jenis koneksi berbeda Catatan: menampilkan 1 halaman penuh berukuran 65kb (komposisi: teks dan gambar) dibutuhkan waktu 5 detik (WiFi). Sementara 3G membutuhkan waktu 15 detik dengan halaman yang sama.

MOBILE OFFICE
QuickOffice yang berisi Document, Workbook dan Presentation memiliki performa yang cukup baik. Meskipun dalam beberapa kesempatan aplikasi ini mengalami gangguan proses dan tampilan. Secara umum, proses edit dokumen dapat dilakukan dengan baik melalui ponsel ini. Pengujian: Membuat dokumen baru Catatan: Sering mengalami kendala (error)

PROSESSOR dan MEMORI
Prosesor ARM 11 dengan CPU Clock 434 MHz memang bukan ukuran yang terlampau besar, tetapi cukup signfikan dalam memfasilitasi task-request sebuah aplikasi. Meskipun ada sendatan saat memanggil aplikasi yang cukup besar namun hal itu tidak terlalu menimbulkan masalah. Sementara RAM sebesar 128Mb juga memunculkan kinerja yang mapan.

MESSAGING dan EMAIL
Pesan pendek (SMS) dan Email sama mudahnya dilakukan pada ponsel ini. SMSnya mendukung Long-Message dengan pemisahan di 160 char. Sementara konten yang dapat dimasukan ke dalam bodi SMS selain teks adalah image, video clip, sound clip dan slide. Sementara untuk email, pengaturan yang dilakukan pun tidak rumit. Memanfaatkan POP3 milik Gmail, ponsel ini dapat “menarik” email baru dengan cepat tanpa kendala interconnection-network. Pengujian: Berkirim SMS panjang dan email Catatan: bila server IMAP4 (default) beralihlah ke server POP3

MUSIK dan RADIO

Untuk urusan multimedia ponsel ini juga bisa diandalakan. Meskipun tidak selantang seri ExpressMusic, namun suara yang dihasilkan oleh speaker N97 ini cukup solid dan tidak pecah saat ditempatkan di level volume tinggi. Sedikitnya format MP3,WMA,WAV,eAAC+ dan MP4 dapat dimainkan dengan apik melalui ponsel ini.

Sementara radionya, dilengkapi RDS sudah barang tentu memudahkan Anda untuk mengenali stasiun radio yang sedang mengudara. Selebihnya, operasi standard radio seperti list channel, save channel dan pencarian otomatis berfungsi dengan baik. Hasil rekaman lagu atau siaran melalui fasilitas recording nya pun bekerja dengan apik. Pengujian: Memutar beberapa lagu dan siaran radio.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget